Akses Informasi Masyarakat melalui SMS Center Bupati ke 08113445999, SMS Malowopati 08113322958, SMS LAPOR ketik BJN [spasi] ISI kirim ke 1708

Artikel

Penyaluran Bantuan BLT El Nino, PKH, dan BPNT , BPNTD Tahun 2023 Di Bojonegoro Cair

29 Desember 2023 03:25:51  IMAM ROSYIDIN  16 Kali Dibaca  Berita Desa

Di Kabupaten Bojonegoro, Pada bulan November 2023, Pemerintah berkomitmen untuk memberikan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan-bantuan di Kabupaten Bojonegoro ini mencakup Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino, Program Keluarga Harapan (PKH), Program Indonesia Pintar (PIP), Cadangan Besar Pemerintah (CBP), dan Bantuan Pangan Nontunai (BPNT).

Tujuan dari bansos di Kabupaten Bojonegoro ini adalah untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh fenomena El Nino, pandemi Covid-19, dan krisis ekonomi yang sedang berlangsung.

Bantuan El Nino, PKH, dan BPNT Siap Cair di Kabupaten Bojonegoro

Berikut adalah rincian besaran dan penyaluran bansos di Kabupaten Bojonegoro untuk bulan November 2023:

  1. Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino di Kabupaten Bojonegoro

Bantuan ini ditujukan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) termasuk di Kabupaten Bojonegoro yang terdaftar dalam data Kementerian Sosial (Kemensos).

Masyarakat di Kabupaten Bojonegoro akan menerima Rp200.000 per bulan selama dua bulan, yaitu November dan Desember 2023. Total anggaran untuk bansos ini mencapai Rp7,52 triliun.

  1. Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Bojonegoro

Program ini diberikan kepada KPM di Kabupaten Bojonegoro yang memiliki anggota keluarga yang berstatus balita, ibu hamil, siswa, lansia, atau penyandang disabilitas berat.

Bantuan di Kabupaten Bojonegoro yang diberikan bervariasi sesuai dengan kategori mereka, dengan besaran antara Rp900.000 hingga Rp3 juta per tahun.

Bansos di Kabupaten Bojonegoro ini disalurkan dalam empat tahap, dan tahap keempat akan cair pada Oktober, November, dan Desember 2023.

  1. Program Indonesia Pintar (PIP) di Kabupaten Bojonegoro

Bantuan ini ditujukan kepada siswa yang berprestasi di Kabupaten Bojonegoro namun kurang mampu secara ekonomi. Mereka akan mendapatkan bantuan mulai dari Rp450.000 hingga Rp1,5 juta per tahun, tergantung pada jenjang pendidikannya.

Penyaluran bansos PIP di Kabupaten Bojonegoro dilakukan dalam tiga tahap, dan tahap ketiga akan cair pada November 2023.

  1. Cadangan Besar Pemerintah (CBP) di Kabupaten Bojonegoro

Bansos CBP di Kabupaten Bojonegoro berupa bantuan beras sebanyak 10 kg per bulan kepada KPM yang terdampak oleh fenomena El Nino.

Masyarakat di Kabupaten Bojonegoro akan menerima bantuan ini sebanyak tiga kali, yaitu pada bulan September, Oktober, dan November 2023.

Presiden Jokowi juga berencana untuk memperpanjang bantuan ini hingga bulan Desember 2023.

  1. Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) di Kabupaten Bojonegoro

Bansos BPNT di Kabupaten Bojonegoro berupa bantuan vuang sebesar Rp200.000 per bulan yang dapat digunakan untuk membeli sembako di e-warung.

Masyarakat di Kabupaten Bojonegoro akan mendapatkan bantuan ini selama tiga bulan berturut-turut, yaitu pada bulan Oktober, November, dan Desember 2023.

Penyaluran bansos ini disesuaikan dengan kebijakan daerah masing-masing termasuk di Kabupaten Bojonegoro.

Semua bantuan sosial ini diarahkan untuk membantu masyarakat Kabupaten Bojonegoro yang membutuhkan dalam menghadapi berbagai tantangan ekonomi dan lingkungan.

Dengan bantuan ini, diharapkan beban masyarakat di Kabupaten Bojonegoro yang terdampak oleh El Nino, pandemi Covid-19, dan krisis ekonomi dapat sedikit terangkat.

Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan gambaran yang jelas tentang bantuan sosial yang tersedia untuk masyarakat di Kabupaten Bojonegoro di bulan November 2023.

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Aparatur Desa

Agenda

Belum ada agenda

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jalan Poros Timur Nomor 001 Kode Pos 62193
Desa : CANGAAN
Kecamatan : Kanor
Kabupaten : Bojonegoro
Kodepos : 62193
Telepon :
Email : pemerintahandesacangakan@gmail.com